PERBEDAAN, KEKURANGAN, DAN KELEBIHAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS

PERBEDAAN, KEKURANGAN, DAN KELEBIHAN BLOGSPOT DAN WORDPRESS

 

Blogspot dari http://www.blogger.com. Blogspot adalah sebuah layanan publikasi blog yang didirikan oleh Pyra Labs, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003.

Kelebihan Blogspot:

  1. Di sponsori oleh Google
  2. Mudah dalam penempatan google adsense
  3. Pilihan gadget sangat banyak
  4. File CSS dan HTML bisa diedit dan dimodifikasi sesuka kita
  5. Dapat memposting melalui E-mail dan MMS di Hp
  6. Kemudahan dalam mengatur page elements
  7. Kemudahan dalam merubah warna themes dan lainya melalui kode HTML
  8. Bisa dipasang kode HTML sendiri dan Javascript
  9. Blogspot lebih cepat di-index oleh Google
  10. Sangat cocok untuk bisnis
  11. Gratis

Kekurangan :

  1. Tidak ada tags keyword
  2. Desain tempalate sedikit
  3. Blogspot hanya menyediakan file upload untuk gambar-gambar saja
  4. Tampilan dashboard sederhana

 

WordPress dari www.wordpress.com. WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

Kelebihan WordPress :

  1. Adanya themes yang bisa dipilih lebih dari 100
  2. Dashboard yang lengkap
  3. Pada beberapa themes bisa mengganti header dan kode css
  4. Bisa menambahkan page baru
  5. Adanya anti spam otomatis
  6. Plug in sangat banyak karena bersifat open source
  7. CMS-nya bisa di download dan dijalankan secara offline atau dipasang di web hosting lain
  8. WordPress menyediakan file upload untuk dokumen dan gambar
  9. Mudah dalam meninggalkan komentar
  10. Dapat membuat sub category

Kekurangan :

  1. Tidak bisa digunakan untuk berbisnis
  2. Tidak support javascrip
  3. Tidak bisa mengedit themes misalnya merubah css dan HTML kecuali upgrade berbayar

 

Kelebihan Google :

  1. Dimiliki oleh Perusahaan TI terkemuka, Google

Blogger/Blogspot sebenarnya, pertama kali diperkenalkan oleh Pyra Labs pada tahun 1999. Kemudian Google membelinya dengan kepemilikan penuh. Selain itu Google juga pemilik sistem operasi Android yang semakin pesat perkembangannya dimana jelas search engine defaultnya tentu saja memakai google.

  1. Murah

Murah karena Anda tidak perlu untuk mencari dan menyewa hosting, Google memiliki ruang web dan bandwidth yang cukup besar untuk mengalokasikan data blog Anda di server mereka. Kecuali dari subdomain gratis di blogspot.com, Anda juga dapat membeli domain sendiri yang biaya tidak lebih dari $ 10. Bila Anda menggunakan situs web WordPress dengan custom domain (.com .net .info dll), web hosting yang terpisah diperlukan.

  1. Blogger lebih Aman

Google hampir 99,99% anti hack. Mereka dapat menjamin Anda bahwa setiap situs web host di dalamnya tidak dapat hacked sampai dan kecuali Anda membocorkan informasi login Anda. Setiap akun di google dilindungi dengan berbagai cara, dengan email cadangan juga dengan menggunakan nomer Handphone pribadi pemiliki akun.

 Jika Anda meng-host blog Anda di perusahaan web hosting lain, mungkin ada peluang untuk blog anda di hack. Ada beberapa predator yang haus untuk database MySQL hacker tanpa alasan, membaca artikel tentang database MySQL hacking dengan SQL injection.

  1. Tidak perlu khawatir tentang memperbarui Platform Blog

Setiap kali ada upgrade WordPress dengan fitur barunya, anda harus upgrade ke versi baru secara manual. Di Blogger fitur baru akan tersedia untuk dashboard Anda segera setelah mereka diluncurkan.

  1. Kemudahan dalam mendesain Template blog.

Untuk desainer WordPress membutuhkan lebih dari satu desain halaman, yaitu untuk Home page, halaman Post, halaman Arsip, dll. Halaman kustom Sementara di Google Blogger, halaman web saja sudah cukup. Dalam kasus jika Anda ingin desain terpisah maka Anda dapat menggunakan tag kondisional untuk mengubah template, misalnya tampilan yang berbeda antara halaman homepage dan postingan.

  1. Jangan khawatir bahkan jika domain Anda berakhir.

Jika seorang blogger yang sebelumnya memakai blogspot kemudian membeli domain dan custom domainnya berakhir, maka kita dapat segera beralih kembali ke subdomain gratis dari blogspot.

 

 

  1. Login terpadu dengan Akun Google Anda.

Blogger menjadi produk Google, semua aplikasi Google dan produk dapat dengan mudah diintegrasikan ke Blog Anda. Banyak fitur yang berguna untuk situs Web yang ditawarkan oleh Google, termasuk AdSense, AdWords, Google Analytics dan alat Webmaster untuk pengindeksan Google.

  1. Mudah dan Cepat Pengindeksan.

Segera setelah Anda mempublikasikan artikel Anda dari Blogger Blog, posting Blog Anda dengan mudah diindeks di mesin pencari mereka. Selain itu, Google adalah salah satu mesin pencari terkemuka dan Blogger adalah salah satu layanan yang disediakan oleh mereka.

  1. Satu akun Gmail bisa untuk banyak akun blog.

Dengan Blogger, anda dapat memiliki tidak terbatas jumlah account Blog dari satu Akun Google. Anda dapat menjalankan beberapa blog sekaligus dalam satu akun gmail. Proses setelan  untuk blog baru pun sangat mudah sehingga seorang anak-anak pun bisa melakukannya.

  1.  Mudah digunakan

Anda tidak perlu repot tentang pengaturan database, mengamankan file-file konfigurasi, dll.

  1. Loading Dashboard blogger lebih cepat

 

Kelebihan WordPress :

  1. Theme/Template

WordPress tidak mengizinkan otak-atik theme/template, sedangkan blogspot mengizinkan. Theme adalah tampilan dari blog kita, jika HP, theme adalah casingnya. Di wordpress kita hanya bisa memilih theme yang telah tersedia sedangkan di blogspot, kita bisa memilih dan mengotak-atik kode dari theme blog kita.

  1. Statistik

WordPress terpasang statistik otomatis sedangkan blogspot harus memasang script. Statistik dalam hal ini adalah grafik yang menunjukkan misalnya; berapa jumlah pengunjung tiap hari, dari situs mana mereka datang, dari kata kunci apa saja mereka menemukan blog kita di google, dan lain-lain. Di wordpress, kita sudah mendapatkan statistik yang sudah terpasang secara otomatis. Sedangkan di blogspot, karena konsepnya minimalis, fitur ini tidak di sediakan. Sehingga kita perlu memasang statistik sendiri jika ingin mengetahui data pengunjung yang masuk ke web atau blog kita.

  1. Tipe Postingan

Di WordPress terdapat tipe “pages” dan “post” sedangkan di blogspot hanya ada “post”.

  1. Pengelompokan Postingan

WordPress dapat memakai tag dan categories, di blogspot hanya tersedia label. Label dapat dipersamakan sebagai tag pada wordpress.

  1. Pemasangan Script

Blogspot mengizinkan javascrip, wordpress tidak mengizinkan javascript. Bagi orang yang senang berbisnis PPC, wordpress bukanlah media yang tepat untuk berbisnis PPC karena wordpress tidak mengizinkan javascript. Java script ini digunakan untuk menampilkan iklan dari PPC.

  1. Penanganan komentar

WordPress terdapat fitur untuk mengedit komentar, sedangkan di blogspot tidak ada. Di wordpress, pemilik blog memiliki wewenang untuk melakukan penyensoran terhadap komentar2 yang masuk. Sedangkan di blogspot adalah; setujui atau buang saja.

 

Sumber:

http://penowo.blogspot.com/2011/12/kelebihan-dan-kekurangan-blogspot-serta.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s